LANGKAH-LANGKAH MENGOPERASIKAN M.Y.O.B

Setelah memasuki aplikasi M.Y.O.B kemudian pilih CREATE untuk memulai baru.

CREATE,                   Next

Company name(Nama Perusahaan)

Company No. (Nomor Perusahaan)

Vat No. (Nomor NPWP)

Address (Alamat Perusahaan)

Phone No. (Nomor Telephone)

Kemudian Klik Next

Current financial year (Tahun Periode)

Last month of financial year (Akhir bulan pembukuan)

Conversion month (Awal Transaksi)

Kemudian klik next

o    Akan menggunakan akun yang disediakan m.y.o.b

o    Akan mengimport dari ms. Excel

  • Akan membuat sendiri sebelum menggunakan m.y.o.b

Kemudian klik next                   Next

  • Setup assistent

o    Command center

MENU SETUP

v  ACCOUNT

–          Next

–          Isi account list (memasukan daftar akun dan mengedit)

–          Next

–          Next                 Close

v  SALES

–          Next

Choose sale lay out   : item

–          Next

Income account  : sales

–          Next

Tax code : PPN (Use tax code)

Freight tax code : Free (use tax code)

–          Next

Payment method   : Cheque

Payment is Due                      : day of month after EOM

Discount date         : 10 – 30 hari

% discount for early payment (pemberian discount untuk pembayaran cepat)

% month charge for late payment (pemberian denda untuk telat bayar)

–          Next

Account for customer receipt (account untuk pembayaran piutang) : cash in bank

Account for undeposit founds : cash in  bank

–          Next

Customer list (untuk menambah daftar customer)

–          Next

Daftar piutang (klik add sale)

 

 

 

v   PURCHASES

–          Next (pilih layout : item)

–          Next

Expense account (akun pembelian) : cost of goods sold

–          Next

Tax code : PPN

Freight tax code : FREE

–          Next

Payment is Due      : Day of month after EOM

Discount date         : 10 – 30 hari

% discount early pay bill (discount pembelian)

–          Next

Account for paying bills : Cash in bank

–          Next

Build your supplier list (memasukan daftar creditor)

–          Next        (add purchases)

–          Next             close             close

v  LINK ACCOUNT

–          SALES ACCOUNT

Assets account for tracking receivables              Account receivables

Bank account for customer receipt             Cash in bank

o    Saya membayar ongkos angkut pembelian

o    Saya mengumpulkan uang muka dari konsumen

o    Saya memberikan diskon

o    Saya menggunakan denda untuk yang telat

–          Ok

–          PURCHASES

Liability account for tracking payable             Account payable

Bank account for payling bills             cash in bank

o    Saya terima barang tanpa faktur

o    Saya bayar ongkos angkut pembelian

o    Saya diminta untuk membayar supplier

o    Saya mendapat discount

o    Saya mendapat denda

v  COMMAND CENTER

Ø  INVENTORY

Item list  –  new

o    Saya beli barang ini               cost of goods sold

o    Saya jual barang ini               sales

o    Saya menyimpan barang ini             merchandise inventory

-ok    –    close

Ø  Count inventory

–          Adjustment inventory

Default adjustment account –  merchandise inventory

-continue

-opening balances

-adjust inventory

-record